Wednesday 13 September 2017

Yamaha Eropa Release Yamaha X-MAX 125 Edisi 2018, Bagaimana Peluangnya di Indonesia ???

[caption id="attachment_2929" align="aligncenter" width="650"]Yamaha X-Max 125, scooter maxi berkubikasi kecil Yamaha X-Max 125, scooter maxi berkubikasi kecil[/caption]

Yamaha Eropa Release Yamaha X-MAX 125 Edisi 2018, Bagaimana Peluangnya di Indonesia ??? Hari selasa, 13 Agustus 2017 kemarin, Yamaha Eropa melalui halaman resminya memperkenalkan Yamaha XMax 125 edisi 2018. Tidak banyak yang berubah dari versi yang sebelum-sebelumnya. Masih dengan tongkrongan premium khas matik eropa serta tampilan facia yang lebih sadis dari Yamaha NMAX. Yamaha XMAX 125 me-redifine standar matik entry level yang sudah ada.

[caption id="attachment_2930" align="aligncenter" width="650"]Yamaha X-Max 125, scooter maxi berkubikasi kecil Yamaha X-Max 125, scooter maxi berkubikasi kecil[/caption]

Tongkrongan khas matik premium seperti yang sudah dibahas di atas. Kemudian fiture-fiture berkelas yang biasanya hanya bisa dijumpai pada matik-matik premium berkubikasi besar, tanpa basa-basi dibenamkan pada matik bongsor ini. Sebut saja Yamaha's Traction Control System alias TCS yang sekarang sudah menjadi perlengkapan standar bagi motor-motor Yamaha, kubikasi kecil sekalipun (Indonesia belm). Lalu fiture ABS (Anti-Lock Breaking System), yang (lagi-lagi) juga menjadi standar pasar roda dua eropa juga ada pada motor ini, Yamaha XMAX 125.

[caption id="attachment_2931" align="aligncenter" width="650"]Facia Yamaha X-Max 125, Sereemmmm... Facia Yamaha X-Max 125, Sereemmmm...[/caption]

Headlight, rear light dan lampu sein pada Yamaha XMAX 125 sudah full mengaplikasikan teknologi LED yang hemat energi. Konsol informasi mengombinasikan antara konsol digital dan manual. Tidak hanya speedometer saja, pada Yamaha XMAX 125 ini pun dilengkapi tachometer layaknya standar motor sport. Kemudian sebagaimana dimensinya yang besar, bagasi Yamaha XMAX ini cukup untuk menampung dua setengah muka alias half face. Oya, motor ini juga mengaplikasikan kunci kotak tanpa kunci aka. keyless. Pun tersedia juga port USB untuk mengecas handheld pemiliknya.



Dari sisi mesin, tidak seperti kebanyakan skutik dengan kubikasi yang sama yang ada di tanah air, Mesin Yamaha XMax 125 ini terhitung sangat powerfull. Dari dapur pacunya yang mungil, Yamaha XMAX 125 ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 14HP pada putaran mesin 8.750rpm serta torsi sebesar 12 Nm pada putaran mesin 6500rpm. Bandingkan misal dengan Vario 125, dimana power yang dimuntahkan 'hanya' sebesar 11,12HP pada putaran 8.500rpm serta torsi sebesar 10.8nm pada putaran mesin 5000rpm.Bahkan dengan Honda Vario 150cc sekalipun, Yamaha XMAX 125 boleh sedikit jumawa. Lihat saja power Honda Vario 150 yang hanya berada di angka 12,46hp pada putaran mesin 8.500rpm. Jauuuhh bangeett... lalu selisih 25 cc itu dikemanain coba ? Torsipun cuman beda dikit, Honda Vario 150 memiliki torsi 12,8Nm pada putaran 5000rpm. Selisih 0,8NM saja dengan Yamaha XMAX 125.

Angka yang menarik sebenarnya untuk pasar R2 tanah air. Sayangnya, mau diposisikan dimana Yamaha XMAX 125 ini ? di angka Rp. 30jt-an ? Sudah ada Yamaha NMAX dan Yamaha Aerox 155. Belum lagi harga segitu sudah masuk kategori kemahalan untuk motor dengan kubikasi kecil, 'hanya' 125cc. Di angka Rp. 20jt-an ? imposible, enggak mungkin. Nilai tersebut terlalu jauh jika melihat Yamaha XMAX 250 yang ada diangka Rp. 55jt. Plus bakalan memberangus Yamaha Mio Series. Bingung kan ? Jadi sepertinya mending Yamaha XMAX 125 ini gak usah masuk ke Indonesia saja. Lha wong di Malaysia saja harganya 24,175RM atau setara dengan Rp. 74jt. Mungkin alternatif yang masuk akal hanyalah Yamaha NMAX 125 atau Yamaha Aerox 125 VVA.

SPESIFIKASI LENGKAP YAMAHA X-MAX 125
Engine


























































Engine type4-stroke, liquid-cooled, SOHC
Displacement124cc
Bore x stroke52.0 mm x 58.6 mm
Compression ratio11.2 : 1
Maximum power10.5 kW @ 8,750 rpm
Maximum torque12.0 Nm @ 6,500 rpm
Lubrication systemWet sump
Fuel systemFuel Injection
Ignition systemTCI
Starter systemElectric
Transmission systemV-Belt Automatic
Fuel consumption2.7 l/100km
CO2 emission63 g/km


Chassis






































Front suspension systemTelescopic forks
Front travel110 mm
Rear suspension systemUnit Swing
Rear travel75 mm
Front brakeSingle Disc, Ø 267 mm
Rear brakeSingle Disc, Ø 245 mm
Front tyre120/70-15
Rear tyre140/70-14


Dimensions






































Overall length2,185 mm
Overall width775 mm
Overall height1,415 mm (1,465mm with adjustable windscreen)
Seat height795 mm
Wheelbase1,526 mm
Minimum ground clearance130 mm
Wet weight175 kg
Fuel tank capacity13.0 litres

Last, cmiiw...

0 comments:

Post a Comment

Gimana bro ?