Friday, 24 October 2014

Safety First !!! Blind Spot yang Mematikan

Blind spot, salah satu penyebab kecelakaan di jalan raya

Apa sih blind spot ? arti secara umumnya adalah suatu kondisi pada suatu titik/area/tempat/lokasi di jalan raya dimana kita tidak bisa melihat atau memprediksi apa yang ada di belakangnya. Hal yang paling bijak ketika kita menemui kondisi seperti ini adalah dengan bersabar menunggu sampai blindspot tersebut terlewati atau hilang. Karena resikonya akan sangat fatal manakala kita memaksa nekat untuk melewati area tersebut. Seberapa fatal sih resikonya ? mungkin video dibawah ini bisa sedikit memberikan gambarannya...

Kecelakaan SPBU Mulyoharjo - Jepara

Peristiwa ini terjadi tanggal 17 februari 2014 lalu. Berlokasi di Jepara tepatnya di depan SPBU Mulyoharjo, kecamatan Jepara, kabupaten Jepara - Jawa Tengah. Hasil rekaman cctv sebenarnya sudah cukup untuk menyangkal pengakuan dari supir minibus tersebut disini. Meskipun dalam kasus ini bukanlah murni kesalahan dari sopir minibus tersebut, tapi tidak ada salahnya untuk dijadikan bahan diskusi untuk menggambarkan bahwa sebenarnya 'blind spot'lah aktor utama dalam peristiwa kecelakaan tersebut.

Yuk kita mulai investigasi berdasarkan rekaman cctv diatas,
pertama...Saat ditemui, Suroso menuturkan dia melaju dari arah utara (Bangsri) menuju selatan (Jepara) dengan kecepatan sedang.... Padahal dari rekaman cctv terlihat jelas kalau minibus berjalan lumayan kencang.
Kedua, ...Saat sepeda motor sudah berada di tengah badan jalan, Suroso rupanya juga membanting setir ke arah kanan... dari rekaman cctv tidak ada tanda-tanda minibus membanting stir. Minibus melaju lurus
Ketiga, ..."Saya sudah berusaha mengerem, tapi karena jarak terlalu dekat akhirnya terjadi tabrakan," kata Suroso, di Mapolres Jepara,... Apakah nampak laju mnibus mengalami deakselerasi sesaat sebelum kejadian ? Tidak, minibus melambat sesaat setelah kejadian

Lalu dimana peran 'blind spot' dalam kasus ini ?

Ilustrasi sebelum kejadian

pertama. Blind spot tercipta manakala ada Bus berhenti sesaat sebelum SPBU. Pada saat ini pengendara minibus maupun sepeda motor sama-sama tidak melihat satu sama lain karena terhalang body Bus yang berhenti.

Disinyalir Bus yang berhenti (loading/unloading)

kedua. Kecelakaan terjadi setelah kedua orang ini nekat melewati blind spot, minibus menambah akselerasi untuk melewati bus yang berhenti sementara pengedara sepedamotor nekat menyeberang jalan.

Blind spot dari sisi minibus

Blind spot dari sisi minibus

ketiga. setelah melewati blind spot barulah kedua orang itu 'ngeh' apa yang ada dibalik blind spot itu, tapi sudah terlambat, karena minibus cukup laju jalannya dan posisi sepedamotor sudah sangat dekat. Maka kecelakaanpun terjadi. Satu meninggal dan satu orang luka parah.

Disinyalir karena hasrat untuk mendahului bus ini

Semoga bisa menjadi pelajaran bagi kita semua.
Last, cmiiw...


Keep safety !!!, Jalan Raya Bukan Sirkuit Balap

Dokumentasi kecelakaan kian marak (courtesy Bang Buan)

Foto kecelakaan sepeda motor akhir-akhir ini demikian marak bertebaran di media sosial semisal facebook dan tweeter. Korban pun berjatuhan, dari yang ringan sampe meninggal dunia, tidak sedikit jumlahnya. Meskipun tiap kali nge-post acapkali terucap nasehat agar lebih berhati-hati lagi dalam berkendara, toh kecelakaan kembali terulang. Why ? kenapa gak ada kapok-kapoknya ?...

Wednesday, 22 October 2014

Template Baru !, Mengganti Template Standar Blogspot dengan Free Template Rasa HTML5

Header dan theme warung lama

Jiahh... bahasanya, sok ngaITi bingiittss, padahal aselinya..., ngemposs..., kompresi kurang dan terkadang suka ngorok kalo diajak nanjak. Whatever lah, yang penting byebye template standard-an and please welcome for template modif-an. Biar kata orang kalo yang namanya modif-an itu cuman keren di luarnya padahal aselinya kopong, it's ok. Fine-fine aja, toh kenyataannya emang (blog ini) seperti itu, hehe...

Tuesday, 30 September 2014

[Flash News] Kecelakaan di BIC Purwakarta, New Vixion Adu Banteng dengan Mio

Kondisi NVL pasca kejadian (courtesy bro Amier Poenya)

Dapat berita memilukan dari grup Yamaha New Vixion Lightning Riders, tentang kecelakaan frontal yang melibatkan 2 kendaraan dari pabrikan Yamaha, New Vixion Lightning vs Matic Mio. Melihat foto diatas bisa dibayangkan kerasnya tabrakan yang terjadi. Disinyalir dan pasti, dua-duanya atau salah satu dari keduanya dalam keadaan high speed full throtlle.