Thursday 28 March 2013

Motor Kencang di MotoGP ? Itu Honda

Judul yang membingungkan memang jika kita bandingkan dengan judul artikel sebelumnya. Biar gak bingung dibaca-baca lagi artikel ini...

Setelah sebelumnya kita bahas masalah motor tersukses dalam mengumpulkan gelar juara dunia motoGP, atau sukanyaMOTOR katakan kelas tunggal karena yang menjadi parameter pengoleksi poin disini adalah satu orang pembalap saja permusimnya. Lalu bagaimana di kelas pabrikan/konstruktor ? atau sukanyaMOTOR katakan kelas beregu karena pengumpulan point tidak hanya dari satu orang pembalap saja. Maka statistik dibawah berbicara...

Di motoGP Yamaha Masih yang Terbaik

Masih membahas seputar motoGP. Maklum, jelang dimulainya musim 2013-2014 sepertinya perlu di refresh memori kita akan motoGP ini. Just knowing, sekedar tahu saja... sapa tahu bisa buat bahan flamming para fans boy lokal, asyik tho ? hee...

Tuesday 26 March 2013

Honda RC213V itu Kencang, Tapi...


Gelaran MotoGP akan dimulai sebentar lagi, yuk kita tengok rekor-rekor yang tercipta di tiap-tiap sirkuit yang menyelenggarakan motoGP. Rekor terlama tercatat di sirkuit Catalunya, Brno, Sepang dan Motegi, yang sejak tahun 2004 sampai tahun 2012 belum bisa dipatahkan oleh siapapun. Uniknya, semua pemegang rekor tersebut sudah tidak aktif lagi di MotoGP. Mereka adalah Max Biaggi, Alex Baros dan Tohru Ukawa.

Monday 25 March 2013

Tips Memilih Honda CB150R Streetfire


Jika brader semua sudah kadung ngebet untuk meminang jagoan baru pabrikan Honda ini, CB150R Streetfire. Ada beberapa hal yang perlu brader semua perhatikan terkait masalah kualitas produk yang tidak homogen, dalam artian kualitas barang keluaran pabrikan Honda ini tidak sama kualitasnya.

Galeri Yamaha YZR-M1 Moto-GP 2013

 Yamaha YZR-M1 2013 (www.yamahamotogp.com)


Hanya tinggal hitungan hari, gelaran Moto-GP Musim 2013-2014 akan segera dimulai. Berikut release gambar tunggangan yang akan dipakai duo Yamaha Racing Factory, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi. Masih tanpa sponsorship utama, hanya ada eneos, monster energy dan tentunya "Semakin di Depan" yang akan menyandang dana tim juara bertahan ini. Setidaknya indonesia masih bisa berbangga lahhh... ya tho ?

Sunday 24 March 2013

BAJAJ akan Meninggalkan Indonesia ?

Baru aja beberapa waktu lalu terbetik kabar bahwa BAJAJ akan melakukan penetrasi  ke pasar motor Indonesia dengan menggandeng pabrikan Kawasaki, lha kok terbetik isu dari blog-nya kang iwan kalo BAJAJ akan sedikit demi sedikit menarik diri dari Indonesia. Mosok seh ?
 BAJAJ akan meninggalkan Indonesia ?

Sayangnya sejauh ini belum ada konfirmasi secara langsung dari pihak Bajaj Auto Indonesia mengenai isu (tidak sedap) tersebut. Tapi, sukanyaMOTOR menganggap isu tersebut berasa absurd kadarnya, berdasarkan beberapa parameter yang bisa dijadikan acuan.

Saturday 23 March 2013

Bike of The Year, New V-Ixion Lightning

 Yamaha New V-Ixion Lighting, Bike of The Year (bursainformasi.com)


New Vixion Lightning (NVL) meraih gelar penghargaan 'Bike of The Year' versi otomotif award tahun 2013. Tidak aneh memang mengingat di kelas tersebut si CB150R Streetfire yang digadang-gadang pabrikan sayap kepak sebagai suksesor Vixion justru babak belur oleh masalah 'major defect' di awal-awal peluncuranya. Dari rangka karat, mesin klothok-klothok, shock bocor, mika meleleh dan yang terbaru adalah kasus cat tanki yang nglothok, menjadikan CB150R Streetfire ini terlihat inferior dibandingkan NVL. Memang tidak semua CB150R Streetfire mengalami defect tersebut, akan tetapi banyaknya kasus yang mengemuka diakui atau tidak cukup mempengaruhi kredibilitasnya.

Honda Vario Techno 125 PGM-FI, Skutik Terbaik 2013 (onomotor.com)

Namun Honda tidak perlu berkecil hati, karena di level skutik mereka menyapu bersih semua penghargaan tanpa sisa !!! hal ini mengindikasikan bahwa pabrikan Honda telah benar-benar merebut segmen skutik yang sempat dikuasai oleh Yamaha di awal-awal kemunculan gen skutik di tanah air. Apakah hal ini akan berlaku juga pada CB150R Streetfire nantinya ? who knows...

Suzuki Satria F150, si Bebek Super 2013 (bp.blogspot.com)

Sementara itu sang fenomenal Suzuki Satria FU150 tetap berjaya sebagai bebek super. Berikut daftar lengkap pemenang penghargaan OTOMOTIF AWARD 2013 :

KATEGORI BEBEK       
Bebek 110-115 cc: Yamaha Jupiter Z1
Bebek 125 cc: Honda Supra X 125 Helm in PGM-FI
Bebek Super: Suzuki Satria F150
BEST OF THE BEST BEBEK: Yamaha Jupiter Z1
       
KATEGORI SKUTIK       
Skutik 110-115 cc: Honda BeAt FI
Skutik Retro 110-115 cc: Honda New Scoopy FI
Skutik 125 cc: Honda Vario Techno 125 PGM-FI
Skutik Premium: Honda PCX150
BEST OF THE BEST SKUTIK: Honda Vario Techno 125 PGM-FI
       
KATEGORI SPORT       
Sport 125-135 cc: Bajaj Pulsar 135LS
Sport 150 cc: Yamaha New V-Ixion Lightning
Sport 160-180 cc: TVS RTR180
Sport 200-225 cc: Bajaj Pulsar 220F
Sport 250 cc: Kawasaki New Ninja 250FI
BEST OF THE BEST SPORT: Yamaha New V-Ixion Lightning
       
SPECIAL AWARD R2       
Kategori Moge: Kawasaki Versys
Rookie of the Year: Honda CB150R StreetFire
GenBrani Award: KTM Duke 200
       
BIKE OF THE YEAR: Yamaha New V-Ixion Lightning

Friday 22 March 2013

Pulsar 200NS, Satu Motor Tiga Rasa


Review singkat saja, pengen naek motor dengan tiga rasa ? manis, asam, asin ?hehe... kayak iklan permen saja yak ?!... Serius broo.. ni motor (yang rencananya release di Indonesia bulan mei ini) bener-bener komplit rasanya. Bayangin, ada kolaborasi tiga pabrikan besar dari tiga negara berbeda hanya dalam satu motor ini saja, KTM (Austria) - BAJAJ (India) - Kawasaki (Jepang). Klop dahh... mantap pokoknya !!!
 Hapus kenangan buruk bersama KTM inul, yang ini KTM Austria (indiancarsbikes.in)

Thursday 21 March 2013

The New CBR 600 RR 2013

 Honda CBR 600 RR versi 2012 (arpem.com)

Sudah bukan rahasia lagi, CBR600RR adalah motor yang terbaik di kelasnya. Tenaga besar, handling yang nyaman dan presisi, ringan serta ukuran yang bersahabat. Menghasilkan sebuah kolaborasi sempurna yang tidak didapat pada produk kompetitor.

Tuesday 19 March 2013

Faktor Emosional akan Menolong Penjualan CB150R

  Honda, jaminan kualitas (motorcycleusa.com)
 
Faktor Emosional akan Menolong Penjualan CB150R. Seakan tak ada habisnya issue tidak sedap seputar jagoan baru pabrikan sayap kepak, Honda. Dari rangka yang berkarat, mesin klothok-klothok sampai yang lagi hangat dibahas diranah blogosphere akhir-akhir ini, mika lampu utama meleleh. Tidak semuanya memang, tapi banyaknya kasus yang mengemuka seperti mengindikasikan sebuah sinyal bahwa produkrelease terbaru Honda ini premature !!!

Honda CB150R, penuh cobaan (motorbeam.com)

Premature dalam artian terlalu cepat dipaksakan untuk keluar sebelum saatnya, IMHO. Schedule yang mepet Bisa jadi mengakibatkan tahapan uji kelayakan terlalu singkat sehingga tidak cukup waktu untuk mengungkap kekurangan yang ada dalam produk tersebut. Ironi memang untuk pabrikan sekelas Honda (atau AHM ya?), apalagi produk ini digadang-gadang untuk memberangus (setidaknya menggoyang) kedigdayaan vixion, si giant killer dari Yamaha, di kelas mid-sport.
 Yamaha New Vixion Lightning, jagoan lama tenaga baru (bursainformasi.com)

Target semakin runyam manakala lawan yang dihadapi juga melakukan upgrade disana-sini. Dari sisi tampilan maupun jeroan mesinnya. So, beraaattt... boleh dibilang kekuatan produk lawan berlipat empat. kok bisa ? let say, jika di sisi Honda kekuatan berkurang separuh dengan adanya isu tidak sedap disana-sini, plus kekuatan aseli lawan (NVL) bertambah 2 kali lipat dengan adanya upgrade disana-sini (pula), maka double power dari kompetitor dilawan separuh power yang tersisa, jadi berapa dong ?... seakan-akan partai 1 lawan 4 bukan? Hehe... Itu logika sederhana atas apa yang terjadi.

Diakui memang Honda cukup bijak dengan melakukan substitusi atas part bermasalah, namun sepertinya itu tidak cukup membantu menaikkan kembali pamor CB150R (dengan mesin DOHC-nya) yang sudah terlanjur turun itu.

AHM, jaminan kualitas aftersales

Tapi Honda adalah Honda (sekalipun ini AHM), mereka masih punya senjata pamungkas yang tidak dimiliki kompetitor, kekuatan nama (Honda) di ranah pasar otomotif tanah air. Dengan kata lain faktor emosional, yang cenderung subyektif,  atas produk Honda-lah yang akan menolong penjualan CB150R ini, dan bukan karena kehebatan produknya.

Monday 18 March 2013

Yamaha, antara All Out dan Kepede-an

Terkadang heran dengan pola pikir Yamaha. Kenapa ? pasalnya sudah bukan rahasia lagi kalo Indonesia adalah salah satu market terbesar produk-produk mereka, tapi kenapa sepertinya mereka setengah-setengah dalam menggarap potensi pasar yang ada di negeri kita ini ? Kurang all out. Apa mungkin karena kurang pede ? hehe...

Motor keren berlabel Yamaha kek gini gak laku di Indonesia ? Pastinya anda bercanda

Saturday 16 March 2013

Blogger Istimewa

Berjalan-jalan di dunia maya, lagi-lagi bertemu dengan kisah luarbiasa nan istimewa (buat saya). Semua pastinya sudah hapal dengan moda seperti ini...


Yup, tukang sayur. Profesi yang hampir menyapa kita tiap pagi. Terus apanya yang luarbiasa ?... beliau adalah seorang blogger. Hal yang tentunya terasa tidak match dengan profesi yang ditekuninya. Kalau tukang sayur punya akun facebook masih wajarlahhh... boleh dibilang masih biasa, gak perlu skill apapun. Lha ini nge-blog je, butuh skill untuk merangkai kata-kata sebelum merilis sebuah tulisan atau artikel. Apalagi keseharian beliau yang berada di ujung timur Indonesia, Jayapura, pastinya butuh effort lebih untuk mendapatkan koneksi internet.

Itu baru luarbiasa-nya, yang istimewanya ada lagi...
Istimewa, karena hampir tiap hari beliau merilis sebuah artikel (yang berwana biru). Bandingkan dengan sukanyaMOTOR, gak ada apa-apanya.Monggo, cek langsung ke TKP. Bakul Kangkung Jpr.

Honda NSC 50 R, Tampilan Gahar

Honda NSC 50 R, Tampilan Gahar. Bila dibandingkan dengan matic yang katanya paling keren se-AHM, Honda Vario 125. IMHO... penilaian yang relatif memang karena beda kepala (hampir pasti) beda juga seleranya. Apalagi dengan bentuk dek yang tidak rata, bisa dipastikan berlawanan arah dengan selera keumuman konsumen matic di Indonesia. Lihat saja nasib para matik ber-dek tidak rata semisal Yamaha Nouvo atau Suzuki Skywave, boleh dibilang mati suri (untuk saat ini).

Friday 15 March 2013

Sparepart Bajaj Pulsar ? Cek di Sini !

Bajaj


Cobaan cukup berat dialami para penyemplak pulsar (Bajaj). Dari isu akan tutupnya Bajaj Auto Indonesia (BAI), banyaknya dealer/beres yang tidak beroperasi, naiknya ongkos servis di beres, sampai langkanya spare part untuk motor kesayangan. Menjadikan para biker (enthusiast) ini galau tingkat dewa. Tidak heran kalau banyak diantara mereka yang menjual tunggangannya dengan harga murah karena alasan tersebut di atas.

Tuesday 5 March 2013

Mengurus STNK Duplikat

Sedikit bagi-bagi pengalaman saat mengurus STNK duplikat. Pada awalnya agak ragu apakah untuk mengurus STNK duplikat dan perpanjangan STNK itu satu paket, artinya ketika ngurus duplikat otomatis juga ngurus perpanjangan. Kalau tidak satu paket, berarti ada dua alokasi dana, untuk biaya STNK duplikat dan biaya pajak perpanjangan STNK. Nah, di sini boleh dibilang akan menjadi cukup krusial untuk orang awam yang belum pernah ngurus surat-surat macam gini, karena kemungkinan besar bisa dimanfaatkan oleh biro/calo untuk mengelabui biayanya. 

Pernah sukanyaMOTOR coba bertanya ke paman google, soal syarat perpajangan STNK, salah satu yang keluar… biaya untuk perpanjangan STNK wilayah Jakarta dan sekitarnya adalah sekitar 200-250 ribu… wiihh!!! Lebih banyak dari pajak motornya sendiri.
Okelah kalo begitu, di urus sendiri… fight, oh!

Beberapa proses yang harus dilalui :
1. Surat Kehilangan
Hal pertama yang perlu dilakukan adalah buat surat kehilangan di polres terdekat tempat kita kehilangan. Sebenarnya tidak ada biaya namun karena kebiasaan orang jawa, sekalipun nggak diminta terkadang kitanya sendiri yang inisiatif.
2. Legalisir Surat Kehilangan
Setelah punya Surat kehilangan, maka seterusnya surat tersebut di legalisir rangkap lima ke polda (jalan pahlawan-semarang). Ndak ada pungutan sama sekali.
3. Cek Fisik
Setelah point 1&2 terpenuhi barulah ke SAMSAT. Cek Fisik dilakukan diatas form cek fisik (ngambil di loket cek fisik, ndak mbayar) dan pengecekan dilakukan oleh petugasnya. Biaya 10 ribu+fee untuk petugas seikhlasnya.
4. Cek Arsip
Cek arsip bisa dilakukan di loket Arsip sambil nunjukin kopi STNK dan BPKB (agak-agak lupa). Di sini siap-siap KTP atas nama pemilik STNK. Arsip yang sudah ditemukan oleh petugas arsip kita bawa sebagai berkas pendamping selama pengurusan. Biaya 5 ribu.
5. Pengantar Fiskal
Bisa diambil di bagian informasi dengan menyerahkan surat kehilangan dan nunjukin BPKB. Tidak ada biaya
6. Cek Fiskal
Hal ini dilakukan untuk memastikan apkah kendaraan kita sudah membayar fiscal atau belum. Biaya 10 ribu, sesuai materai yang tertera di berkas fiscal.
7. Formulir Pendaftaran
Minta surat pendaftaran ke loket (apa ya….?) dengan melampirkan semua berkas-berkas, kecuali BPKB. Biaya 5 ribu
8. Pendaftaran
Jangan lupa untuk melampirkan surat pernyataan dan permohonan duplikat. Di samsat III semarang sudah disediakan di bagian fotokopi, tinggal di isi dan ditandatangani setelah dilengkapi materai 6000. Berkas-berkas yang sudah kita dapatkan kita lampirkan semuanya termasuk KTP asli. Bayar 35 ribu. (nah, untuk point ini saya agak meragukan, soal biayanya…).
Setelah dicek, kita akan diberi (semacam resi) untuk membayar pajak motor kendaraan kita pada tanggal yang sudah ditentukan. Artinya tidak bisa sehari jadi karena berkas-berkas harus diserahkan ke polda terlebih dahulu. Usut punya usut ternyata bisa di urus sendiri, jadi berkas-berkas kita bawa sendiri ke polda dan dapat langsung diperiksa. Untuk hal ini, dari (kata) pegawainya sebenarnya tidak boleh.
9. Pembayaran
Setelah berkas-berkas diperiksa oleh petugas pendaftaran, kita akan diminta membayar pajak di loket pembayaran. Selain pajak yang harus dibayar kita juga diwajibkan membayar resi ke BRI sebesar 25ribu (kantornya satu atap)
10. pengambilan STNK
Bukti pembayaran dari loket digunakan untuk mengambil STNK Duplikat.
11. Pulang
Setelah STNK didapat sebaiknya kita segera pulang, hehe…

Gitu teman-teman, itu sesuai pengalaman pribadi lho apakah resminya memang seperti itu? I dontknow. Jadi kesimpulannya, STNK duplikat sekaligus juga perpanjangan/pajak. Biayanya ? silahkan ditaksir jumlah yang tersebut di point-point di atas berapa habisnya.
Semoga bermanfaat. Jangan membiasakan diri lewat biro atau orang ketiga, terlalu mudah hehe…

Friday 1 March 2013

Jalan Rusak dan Sikap Berkendara

Jalan Rusak dan Sikap Berkendara. Membicarakan kembali tentang safety riding. Sungguh kaget mbak/mas bro, begitu membaca Koran yang disodorkan salah satu teman sukanyaMOTOR. Gimana tidak, hanya gara-gara menghindari jalanan rusak, sebuah bus menabrak tebing yang mengakibatkan 17 penumpangnya tewas. Angka yang fantastis untuk sebuah kecelakaan. Berikut gambar yang sempet sukanyaMOTOR abadikan langsung dari korannya (warta jateng).

 bus yang naas

Kejadian yang menimpa bus Pariwisata Mustika Mega Utama itu terjadi di Jalan Raya Puncak KM89 Kampung Pangkolan, Cipanas, Cianjur, pada hari Rabu kemarin (27/2). Ada yang menduga bahwa bus mengalami rem blong, akan tetapi hasil penyelidikan terakhir menyebutkan bahwa bus kehilangan kendali setelah sopir bermanuver untuk menghindari jalanan yang rusak.

Ini bukan yang pertama kalinya pemakai jalanan umum tewas akibat kondisi jalan yang jauh dari sempurna. Beberapa waktu lalu diberitakan seorang biker tewas terlindas truk setelah kendaraannya oleng akibat terperosok lubang jalanan. Kemudian dilain kesempatan juga tersiar kabar dua orang biker tewas dengan cara dan sebab yang sama.

Kondisi jalan diakui atau tidak memang menjadi penyebab utama insiden tersebut, dan mestinya penyelenggara jalanpun tidak boleh sekedar lempar handuk atas insiden-insiden terebut. Harus ada perbaikan. Tapi disini sukanyaMOTOR tidak akan membahas hal tersebut, sudah ada yang lebih pintar dan berpengalaman untuk melakukannya. sukanyaMOTOR hanya ingin memberikan tips untuk meingkatkan tingkat keamanan berkendara hubungannya dengan kondisi jalan yang tidak sempurna di negeri tercinta ini, toh human error juga cukup berperan dalam hal ini. Beberapa diantaranya adalah :

1. Jangan ngebut dijalanan yang belum  (baru) kita kenali kondisinya. Harus ekstra hati-hati dan fokus termasuk juga pada titik-titik blind spot, semisal : tikungan, posisi di belakang kendaraan yang lebih besar, dll.
2. Jangan memaksakan diri untuk menghindari jalanan yang rusak. Perhatikan situasi dan kondisi sekitar serta kesiapan kita
3. Hindari kendaraan-kendaraan besar. Menepi atau lewati.
4. Pegang stang motor dengan kuat dan benar. (hal yang sering diabaikan oleh para ladies biker. Megang dengan posisi tangan terbalik, megang hanya dengan dua jari. Bla…bla..blaa)
5. Hindari membawa tas cangklong, karena akan mempengaruhi keseimbangan. (lagi-lagi ladies biker sering mengabaikan hal ini)
6. Terakhir, gunakan safety gear semaksimal mungkin. Utamanya helm fulface (baca artikel sukanyaMOTOR sebelumnya, disini)
Demikian, semoga bermanfaat.