Friday 22 March 2013

Pulsar 200NS, Satu Motor Tiga Rasa


Review singkat saja, pengen naek motor dengan tiga rasa ? manis, asam, asin ?hehe... kayak iklan permen saja yak ?!... Serius broo.. ni motor (yang rencananya release di Indonesia bulan mei ini) bener-bener komplit rasanya. Bayangin, ada kolaborasi tiga pabrikan besar dari tiga negara berbeda hanya dalam satu motor ini saja, KTM (Austria) - BAJAJ (India) - Kawasaki (Jepang). Klop dahh... mantap pokoknya !!!
 Hapus kenangan buruk bersama KTM inul, yang ini KTM Austria (indiancarsbikes.in)


Mari kita absen satu-satu. Dari pabrikan KTM-Austria apakah yang dibawa ? Teknologi dan desain khas eropa... ada rasa KTM Duke di motor ini. Motor 200cc tapi menjanjikan tenaga yang sangat besar, 23.52ps@9500rpm !!! bandingkan dengan NVL yang hanya 16.59PS @ 8500 rpm  atau bahkan Streetfire yang untuk mencapai tenaga 17ps saja ia harus menjerit diputaran @ 10.000 rpm. Selisih yang sangat besar tentunya. Masih belum cukup ? mari bandingkan dengan motor oldcrack berkubikasi sama/nyaris sama kek Honda Tiger 200cc atau Yamaha Scorpio 225cc, berapa tenaga mereka diatas kertas ? Tiger hanya punya tenaga 16,7ps@8500rpm (terkecil diantara semuanya) sementara Scorpio 19ps@8000rpm. So, sangat amat menjanjikan dan tidak malu-maluin untuk di adu head to head di atas lintasan (bukan di jalanan lho ya. BAHAYA).

200cc, power 23.52ps@9500rpm (bikeadvice)

Dari sisi penampilan, aroma eropa begitu kental. Jelaslah, wong yang ndesain Edgar Heinrich, jagoan desainer-nya BWM motorad (sayang, sudah gak di BAJAJ lagi, sudah balik ke BMW motorad. gajinya di India terlalu kecil kali, hehe...). Secara sekilas pandang motor ini mirip sekali dengan moyangnya, KTM Duke.  Perlu dicatat juga, build quality pulsar 200ns sangat berbeda dengan pulsar series lainnya. Totally improved !!!
Piye bro menurutmu, apik ra ? (mypulsar.com)

Tampilan depannya sungguh teramat sangar (bikerlanka.blogspot.com)

Batok kepalanya gak kayak shinchan (xbhp.com)

Panel Indikator komplit, berasa motor eropa. Kecepatan, jam, jarak tempuh, oli, accu, bahkan ada lambang kunci pas-nya (pikir sendiri deh, untuk apanya) . (xbhp.com)
 
Lalu dari pabrikan induknya, BAJAJ, apa yang mereka berikan ? Value...!!! Sepertinya gak perlu dijelaskan panjang lebar. Lha wong varian pulsar yang notabene masih CBU saja hargannya masih jauuuuuhhh... dibawah motor-motor jepang yang sekelas kok. Coba saja mampir ke dealernya (klo belum tutup ^_^), pastinya budget untuk beli bebek jepang sudah cukup untuk memboyong sebuah motor batangan ber-cc besar. 
"Ya pasti murah lah bro, wong kualitasnya murahan. hehe... bercanda sampeyan (kayak gak pernah dengar suara klotok-klotok [disini dan disini]aja). "
Semoga dengan marketer baru ini, value produk BAJAJ masih terjaga. 

 Bicara BAJAJ, bicara value

Terakhir, dari pabrikan KAWASAKI, apakah yang dibawa ? banyak. Market, Aura sport, Jaringan after sales serta nama besar KAWASAKI itu sendiri. Sepertinya BAJAJ juga paham klo untuk head to head melawan pabrikan Jepang itu sangatlah susah. Apalagi dihadapkan dengan mindset orang Indonesia bahwa sepeda motor itu HONDA, skak mat deh !!! Jalan satu-satunya adalah dengan menerapkan politik devide et impera (nulisnya salah gak?), yang sukses menjajah negeri ini selama 350tahun.... sori kalo terlalu ngelantur.

Seperti kata Mark Zuckerberg dalam facebook, "apa yang ada dalam pikiranmu ?"

So, pengen merasakan sensasi teknologi+style ala eropa yang elegan (KTM-Austria) tapi murah dan tidak murahan (BAJAJ-India) sekaligus gak perlu kuatir dengan jaringan aftersales (Kawasaki-Jepang) lagi ? Pulsar 200NS jawabannya... Nantikan mei nanti.

Galeri komplit, cek disini.
 
Categories: ,