Tuesday, 26 March 2013

Honda RC213V itu Kencang, Tapi...


Gelaran MotoGP akan dimulai sebentar lagi, yuk kita tengok rekor-rekor yang tercipta di tiap-tiap sirkuit yang menyelenggarakan motoGP. Rekor terlama tercatat di sirkuit Catalunya, Brno, Sepang dan Motegi, yang sejak tahun 2004 sampai tahun 2012 belum bisa dipatahkan oleh siapapun. Uniknya, semua pemegang rekor tersebut sudah tidak aktif lagi di MotoGP. Mereka adalah Max Biaggi, Alex Baros dan Tohru Ukawa.

Pemegang Rekor Top Speed dan Fastest Lap Moto GP
No Sirkuit Prm Top Speed Fastest Lap
1 Losai Qatar Speed 342.2 170
Rider Hector Barbera Jorge Lorenzo
Bike Ducati Yamaha
Year 2012 2008
2 Circuit of America - USA Speed - -
Rider - -
Bike - -
Year - -
3 Jerez - Spanyol Speed 291.9 162.2
Rider Marco Melandri Jorge Lorenzo
Bike Honda Yamaha
Year 2005 2008
4 Le Mans - Perancis Speed 309.2 162.6
Rider Hector Barbera Dani Pedrosa
Bike Ducati Honda
Year 2012 2008
5 Mugello - Italia Speed 349.3 176
Rider Dani Pedrosa Dani Pedrosa
Bike Honda Honda
Year 2009 2012
6 Catalunya - Spanyol Speed 339.4 168.2
Rider Alex Barros Casey Stonner
Bike Honda Ducati
Year 2004 2008
7 Assen - Belanda Speed 309.4 174.5
Rider Andrea Dovisiozo Casey Stonner
Bike Yamaha Honda
Year 2012 2012
8 Sachsenring - German Speed 293 163
Rider Dani Pedrosa Casey Stonner
Bike Honda Ducati
Year 2012 2008
9 Mazda Race Way - USA Speed 268.3 161.3
Rider Cal Crutchlow Jorge Lorenzo
Bike Yamaha Yamaha
Year 2012 2012
10 Indianapolis -USA Speed 335.7 153.6
Rider Dani Pedrosa Dani Pedrosa
Bike Honda Honda
Year 2012 2012
11 Brno - Rep Ceko Speed 311.2 168
Rider Max Biaggi Jorge Lorenzo
Bike Honda Yamaha
Year 2004 2012
12 Silverstone - Inggris Speed 323.9 174.1
Rider Dani Pedrosa Casey Stonner
Bike Honda Honda
Year 2010 2011
13 Misano - Italia Speed 289.4 163.3
Rider Dani Pedrosa Casey Stonner
Bike Honda Honda
Year 2012 2011
14 Aragon - Spanyol Speed 340.8 168.6
Rider Stefan Bradl Casey Stonner
Bike Honda Honda
Year 2012 2011
15 Sepang - Mlaysia Speed 317.7 166
Rider Max Biaggi Jorge Lorenzo
Bike Honda Yamaha
Year 2004 2012
16 Philips Island - Australia Speed 339.6 180.6
Rider Karel Abraham Casey Stonner
Bike Ducati Ducati
Year 2012 2008
17 Motegi - Japan Speed 310.1 164.7
Rider Tohru Ukawa Jorge Lorenzo
Bike Honda Yamaha
Year 2004 2012
18 Motegi - Japan Speed 327 158.7
Rider Hector Barbera Dani Pedrosa
Bike Ducati Honda
Year 2012 2012

Dengan distribusi pemegang rekor sebagai berikut

Top Speed Fastest Lap
Honda 11 8
Yamaha 2 6
Ducati 4 3

Tampak jelas bahwa motor tercepat dan paling mendominasi adalah Honda. Dimana dengan kecepatan 349.3kpj, Dani Pedrosa dengan Hondanya menjadi pemegang rekor top speed di sirkuit Mugello-Italia sejak tahun 2009 lalu. Secara overall Honda lebih mendominasi. Karena Dari 17 sirkuit, Honda merajai rekor top speed di 11 sirkuit. Sementara sisanya dipegang pabrikan Ducati (4 sirkuit) dan Yamaha (2 sirkuit). 
Honda RC213V, motor kencang. (www.autoevolution.com)

Sayangnya, dominasi Honda dalam mencetak rekor tak berlanjut ke pencapaian gelar juara motoGP. Praktis sejak tahun 2004 (rekor terakhir yang belum terpecahkan) atau sejak tahun 2003 ketika mesin 2tak sudah tidak lagi ikut balapan, Honda hanya mampu meraih juara motoGP sebanyak 2 kali saja. Bandingkan dengan perolehan gelar pabrikan Yamaha, yang sejak tahun 2004 mereka mampu mengumpulkan 6 gelar juara dunia motoGP, atau 7 kali kalau kita akumulatifkan dari tahun 2003.

Perolehan Gelar Juara MotoGP
Tahun Pembalap Pabrikan
2004 Valentino Rossi Yamaha
2005 Valentino Rossi Yamaha
2006 Nicky Hayden Honda
2007 Casey Stoner Ducati
2008 Valentino Rossi Yamaha
2009 Valentino Rossi Yamaha
2010 Jorge Lorenzo Yamaha
2011 Casey Stoner Honda
2012 Jorge Lorenzo Yamaha

Uniknya, dua orang pembalap penyumbang gelar bagi pabrikan Yamaha.sama sekali bukan pemegang rekor top speed di sirkuit manapun. Tidak hanya dua orang pembalap pabrikan Yamaha saja, akan tetapi Casey Stoner dan Nicky Hayden pun bukanlah pemegang rekor top speed. Sementara Nama Dani Pedrosa yang lekat dengan rekor justru tak sekalipun memperoleh gelar. 
Yamaha YZF-M1 mungkin bukan motor paling kencang tapi kombinasi sempurna antara power dengan handlingnya mampu menghadirkan kekuatan yang dahsyat. (www.yamahamotogp.com)

Jadi, top speed sebagai representasi dari power motor bukanlah jaminan untuk memenangkan sebuah gelar MotoGP. Skill dan ketahanan pembalap untuk menyelesaikan sejumlah lap serta kemampuan motor dalam melibas tikungan-lah yang paling menentukan. Karena bagaimanapun sebuah sirkuit lebih sering didominasi oleh tikungan dibandingkan trek lurus (dimana top speed bisa dikail). 

Kembali ke Honda, ditangan Casey Stoner, Honda RC213V nampak begitu sempurna. Akan tetapi beda cerita ketika ditunggangi Dani Pedrosa. Memang, seorang Dani Pedrosa mampu memaksa motor untuk mengeluarkan power maksimalnya, akan tetapi secara komulatif hasil balapan (keseluruhan lap) ia masih sering keteteran. Hal yang mesti diperbaiki seorang Dani Pedrosa atau kalau tidak bisa jadi nasibnya di motoGP akan seperti Max Biaggi, tanpa gelar. Hehe...