Tuesday 22 July 2014

[DIY] Tips Seting Karbu Irit & Kenceng ala Den Bagus

Satria fenomenal Den Bagus 30 DK in action (courtesy : wildan zuhdi)

Mlipir ke akun FB mas bro Wildan Zuhdi, secara tidak sengaja nemu (lagi) tips yang sangat berguna dan rasanya paling dicari biker, Seting Karbu Irit tapi Kencang !. Okelah tanpa babibu langsung simak saja tips dari owner satria FU harian paling fenomenal ini.

Disini fokus setting lebih dititik beratkan pada bagaimana cara menentukan ukuran pilot jet & main jet yang tepat untuk karbu. Skali lg sy bukan ahli, sy cm ingin berbagi mudah2an bermanfaat, amiin.

Batasan dalam menentukan Pilot Jet dan Main Jet
Sebelum eksekusi mnentukan angka PJ MJ, sebelumnya kita msti pahami dlu ttg BATASAN DALAM MENENTUKAN ANGKA PJ MJ. Karena klo gak tau batasan nya dikhawatirkan nnti kebablasan.
Sebenarnya klo ada alat AFR meter kita gak perlu repot mmpelajari hal ini, tinggal colok alat aja sdh ketahuan hasilnya sesuai dg angka stokiometri rumus bakar. Tp saya disini mencoba merangkum cara2 manual yg sdh terbukti efektif bikin irit tanpa mengurangi performa nya.

Batas-batas dlm seting PJ MJ.
1. BATAS ATAS
2. BATAS BAWAH.

Cara menentukan angka main jet.
Batas atas dlm menentukan angka MAIN JET adalah cari ukuran main jet hingga mendapati setingan BREBET PUTUS2. Setelah itu TURUNKAN angka main 2 step. Disitulah angka yg pas. Mgkin metode yg sy terapkan akan berbeda dg rekan lain dlm mnentukan ukuran main jet. Ini sah2 saja krn org punya dasar sendiri. Jd jangan takut menentukan angka main jet, krn batas ukuran main jet dg cara sprti ini gak bikin boros. Justru bs bikin mesin awet krn kebutuhan bahan bakar sdh siap utk maen geber2an. Ini batas aman seting main jet, krn disinilah batas antara setingan ideal& basah. Mesin aman digeber selama turing berjam2.
Jika diukur dg alat afr meter, angka stokiometri ada disekitar 13:1

Cara menentukan angka pilot jet.
Menentukan angka PILOT JET yg tepat akan mmbuat konsumsi bbm jd lbih irit.
Hasil pengalaman sy, pilot jet lbih berpengaruh trhadap konsumsi bbm.
Batas bawah dlm menentukan angka pilot jet yg irit adalah sbb:
1. Knalpot Nembak2
2. Tarikan ngayun. Jd ketika gas ditarik mesin ada jeda sprti telat bensin.
Jd kebalikan dr cara menentukan angka main jet adalah dg mncari angka pilot jet hingga knalpot nembak2 atau ngayun, lalu NAEKAN ANGKA PILOT JET 1 STEP. Karena disinilah batasan antara stelan kering& ideal. Jika diukur dg alat afr meter, maka angka stokiometri skitar 1:15. Angka sgini msih aman utk kperluan harian turing dg cara ngurut gas. Dg cara sperti ini kita gak perlu maen bleyer2 gas krn gak bnyak bbm yg terbakar di rpm bawah.

Inilah rahasia setingan karbu Den bagus dg karbu Pwk35 Sudco Air Striker dg konsumsi bnm 1:36 km dg topspeed skitar 170kpj kpj.

Demikian yg dpt sy sampaikan.
Mohon maaf jika ada kkurangan.
Terimakasih.
Salam mudik 2014.
Wildan Zuhdi | Satria Den Bagus

Last, cmiiw...

3 comments:

Gimana bro ?