Thursday 3 July 2014

[DIY] Aki Tekor ? Jangan Panik !

Aki tekor, masih bisa diperbaiki (courtesy: santiyoga.com)

Setelah hampir empat tahun menjadi sumber listrik bagi motor saya, akhirnya batre kering alias aki kering merek Yuasa tipe YTZ4V ini pun mulai sekarat. Sudah tidak 'tek jleng' lagi, mesti standar tengah dan diengkol manual untuk menghidupkan mesinnya. Merepotkan.

Memang sih, rentang waktu hampir empat tahun bagi sebuah aki kering boleh dibilang sudah sangat mewah sekali. Dimana rata-rata usia pake aki kering motor matic hanya dikisaran 2-3 tahun. Tapi menggantinya begitu saja dengan yang baru kok kesannya terlalu pasrah dengan nasib ya ?...(ini mah ngeles, aselinya karena gak punya duit aja buat beli baru. Hehe...)

So, let's do it yourself (DIY). Pertama kali yang perlu dilakukan pastinya berguru ke simbah google yang kesohor sakti mandraguna. Setelah dapat jurus yang diinginkan maka saatnya menyiapkan jampi-jampi plus ubo rampe buat menghidupkan kembali aki kering yang hampir mokat tersebut.

Jampi-jampi yang diperlukan meliputi,

  1. obeng - (minus) kecil aja jangan besar-besar. Akan kita pakai buat membuka cover inlet aki.
  2. obeng + (plus/kembang), untuk membuka baut konektor ke aki.
  3. air accu. Ada perdebatan disini antara air aki (tutup biru) atau accu zuur (tutup merah). Tapi berhubung madzab air aki yang saya anut itu terbukti manjur, maka untuk sementara abaikan para penganut 'accu zuur' apapun dalil yang mereka berikan, hehe...
  4. lem metal/besi. Kita pakai untuk mengelem kembali cover aki yang kita buka
  5. BBM premium/pertamax 1 liter saja. Untuk back up waktu pengisian aki (ceritanya kita gak punya charger aki)

Singkat cerita, aki yang sudah dikeluarkan dari body motor kita buka cover/penutup inletnya. Pastikan jangan sampe keliru antara cover inlet dengan cover aki (lihat gambar). Setelah kebuka isikan beberapa cc air aki ke masing-masing lubang. Secukupnya saja, kira-kira 1-2cm dari ujung lubang aki tersebut. Kemudian kembalikan cover inlet. Jangan lupa dilem lho ya, coz cuma cover itu yang buat nutup lubang inlet-nya. Gak seperti aki basah yang ada baut-baut plastiknya.

Be a bad boy ! abaikan tulisan "do not open"

Setelah dirasa aman dan rapat, kembalikan aki ketempatnya semula. Lalu lakukan pengisian (charging) aki dengan jalan menyalakan motor selama kurang lebih 20-30 menit. Agar tidak 'mubazir' dan mesin tidak overheating, lakukan pengisian sambil sepeda motor dijalankan. Bisa buat jalan-jalan, nganter istri ke pasar, jadi ojek gadungan... atau apa kek. hehe... Pokoknya mesin dalam kondisi nyala selama 20-30 menit.

Mohon maaf karena untuk gambar dokumentasi tidak ada (gak sempet moto2) jadi nyomot dari google saja. Tapi percayalah, ini pengalaman pribadi saya kok. Nah, semoga bermanfaat dan berhasil.

Last, cmiiw...

2 comments:

  1. TIPS | CARA MERAWAT AKI SEPEDA MOTOR TIPE MAINTENANCE FREE
    ( AKI KERING )
    Cara Merawat Accu :

    AKI adalah komponen penting yang diperlukan bagi motor. Sebuah motor membutuhkan sumber arus searah dari yang dihasilkan oleh aki. Jika kita melakukan perawatan rutin akan membuat aki motor tetap awet dan terjaga performanya untuk memudahkan pengguna kendaraan menyalakan motor perlu diperhatikan.

    Berikut ini ada 5 Cara merawat aki motor agar tetap awet dan menjaga agar motor aki tersebut lebih tahan lama memudahkan dalam menghidupkan sepeda motor anda.

    Berikut Cara Merawat Accu | Aki | Battery | Baterai TYPE Kering Tetap Awet Pemakaiannya :
    1. Jika motor didiamkan misal dalam seminggu ini akan menyebabkan aki lemah dan pengisian menjadi kurang stabil, maka usahakanlah motor sering digunakan atau paling tidak di hidupkan jika memang tidak dipakai.
    2. Gunakan lebih sering electric starter setiap harinya, kecuali untuk pertama kali memanaskan mesin di pagi hari menggunakan kick starter.
    3. Hindari goncangan fisik yang berlebihan saat berkendara, misal sering melewati jalan yang rusak dalam kecepatan cukup tinggi. Goncangan ini akan menyebabkan sel-sel di dalam aki cepat rusak.
    4. Selalu pantau cap kabel terminal aki agar selalu dalam keadaan tertutup, jangan dibiarkan lembab atau terjadi bunga aki, yang menyebabkan terjadi korslet dan/atau lemahnya hubungan cop kabel dengan terminal-terminal aki.Bersihkan dan pastikan cop kabel dengan terminal aki (positif/negative) terhubung dengan baik.
    5. Saat menstarter jika 1-2 kali tekan mesin tidak mau hidup, jangan biasakan ditekan terus menerus. Usahakan beri jeda 5 detikan untuk memulainya kembali.

    Jika anda melakukan 5 cara diatas dengan benar akan menambah awet aki kering motor anda. Perlu anda ketahui bahwa usia pakai aki kering normalnya bisa bertahan antara 1-1,5 tahun. Dan perlu diperhatikan juga untuk menjaga pengisian | charge | supply listrik accu | aki | battery | baterai dari regulator | alternator berfungsi dengan baik.

    Toko Jual Aki GS Astra dan Yuasa Battery untuk sepeda motor di Jogja – AHASS SETIA KAWAN #pencetlangsungstart 0818.272.580(XL) @bahpetrukmuda

    ReplyDelete
  2. Kalo butuh charger aki motor otomatis yang murah untuk aki 12V -> 1 Ah s/d 17 Ah, klik di nama ane.

    ReplyDelete

Gimana bro ?