Tuesday 23 May 2017

Waduh, Harga All New Yamaha Vixion Tipe R Bakalan Tembus 29,5 Juta ???

[caption id="attachment_2363" align="aligncenter" width="560"]All New Yamaha Vixion Tipe Standar All New Yamaha Vixion Tipe Standar[/caption]

Waduh, Harga All New Yamaha Vixion Tipe R Bakalan Tembus 29,5 Juta ???

Harganya bikin kaget
Agak termangu juga setelah baca threads nya pak Taufik di tmcblog.com yang ngebahas bandrol dari All New Yamaha Vixion tipe R yang bakalan tembus Rp. 29,5jt disini. Termangu karena di harga segitu ada New Suzuki GSX R150 yang dilengkapi dengan mesin real DOHC powerfull dambaan biker yang demen speeding. Okelah kalau dibilang realistis sih realistis, wong dengan harga All New Yamha Vixion Tipe R segitu sudah dapet fiture bejibun. Namun bagi saya pribadi, penambahan yang kelihatan bakalan cuman dua hal saja yang itupun sepertinya tak begitu digubris oleh biker kebanyakan, imho.

[caption id="attachment_2364" align="aligncenter" width="560"]All New Yamaha Vixion Tipe R All New Yamaha Vixion Tipe R[/caption]

Banana Arm, fiture mewah yang kurang wah
Pertama soal alumunium banana arm pada All New Yamaha Vixion Tipe R, lumayan mewah sbenernya karena ini terhitung fiture premium yang belum ada di kompetitor. Tapi coba deh lihat nasib old Yamaha R15 yang sudah pake ini part, nasibnya bonyok bro ditangan Honda CBR150R yang generasi tua. Semakin luluh lantak manakala Honda mengeluarkan All New CBR150R. Mo jawara kek apapun di arena IRS, kenyataannya Arm kotak sudah cukup untuk bikin bengep Old Yamaha R15.

[caption id="attachment_2405" align="aligncenter" width="585"]banana arm, fiture premium banana arm, fiture premium[/caption]

Varian lain ada Yamaha Xabre, bahkan yang ini dilengkapi lagi dengan suspensi depan upside down. Enggak laku juga. Fiture premium tapi belum bisa menunjukkan efek premium juga.

Engine SOHC 155VVA untuk matik aja deh
Kedua, engine baru SOHC 155VVA yang disematkan pada All New Yamaha Vixion Tipe R. Kalau untuk gen matic, saya sih masih YES (tahu kalo kamyu), tanpa bermaksud menyakiti The All New Yamaha R15 MY2017. Tapi untuk motor batangan, isu mesin DOHC sepertinya masih lebih menjual ketimbang mesin SOHC mo sepowerfull apapun tipenya. Kecuali Yamaha bisa meyakinkan kepada dunia bahwa untuk volume mesin 'cuma' 150, SOHC itu sudah cukup. Jangan terlalu terbuai dengan fakta sejarah manakala Old Yamaha Vixion mampu merajai kelas 150cc. Itu dulu, saat Honda hanya mampu desain motor yang cupu-cupu. Sekarang beda, lihat deh Honda CB150R generasi terakhir kurang ganteng apa coba ? plus DOHC pula. Sekalipun cuman DOHC abal-abal.

[caption id="attachment_2406" align="aligncenter" width="650"]Honda CB150R Sreetfiret Honda yang ini sudah ganteng maksimal[/caption]

Kuda hitam dari Suzuki
Belum lagi kedatangan dua sosok baru dari Suzuki. Ada Suzuki GSX R150 direntang harga 29jt an, memang beda genre tapi cukup bisa memecah perhatian kastemer dengan segala keunggulannya. Lalu Suzuki GSX S150 yang sama-sama bergenre naked bike tapi dengan harga yan terpaut jauh bahkan dengan All New Yamaha Vixion yang tipe standar sekalipun. Hanya butuh marketing yang jempolan saja sih untuk membikin laku Suzuki GSX S150.

Afterall, Secara pribadi saya gak yakin All New Yamaha Vixion R ini bakalan bernasib bagus. Tapi, time will tell lah. Kita nikmatin saja sepak terjangnya di pasar R2 nasional. Semoga saja nggak semuram Yamaha Xabre.

Last, cmiiw...


0 comments:

Post a Comment

Gimana bro ?