Monday 3 August 2015

Migrasi dari Blogger Blogspot ke Wordpress ? Plugin "Blogger Importer Extended Jawabannya !

Awalnya saya berpikir untuk migrasi blog dari BLOGGER ke Wordpress itu butuh effort luarbiasa. Setidaknya itu yang saya tangkap ketika melihat para blogger papan atas mulai bermigrasi besar-besaran dari domain gratisan ke domain yang berbayar. Sepertinya kok susah banget. Memang sih, kebanyakan hanya bermigrasi dari sesama wordpress, jadi dari platform blog yang sama. Tapi justru karena itulah saya jadi bimbang ketika akan mentransfer semua artikel dari BLOGGER ke Wordpress yang secara platform beda. Pikir saya, kalau sesama platform saja (nampak) susah apalagi kalau lintas platform ? pastilah akan lebih susah. Alhasil domain yang sidah saya beli mesti mangkrak beberapa bulan tak terurus.

Hingga akhirnya saya mulai sedikit coba-coba, dan ternyata gampang sodara (maklum newbie), swear ! adalah feature plugin pada wordpress yang memudahkan proses migrasi, baik dari blogger ke wordprees atau dari wordpress ke wordpress atau dari platformm yang lain. Tinggal install plugin, aktifkan, impprt, transfer, SELESAI !!! dan semua artikel pun ter-copy sempurna hanya dalam hitungan menit saja, fantastis !

[caption id="attachment_1031" align="aligncenter" width="591"]Screenshot_6 Blogger Importer, mengecewakan ![/caption]

Lalu plugin apa si yang dipakai ? pertama kali saya mencoba dengan Blogger Importer dari wordpress.org. Namun sekalipun itu plugin resmi dari wordpress, kenyataannya aplikasinya tak semudah yang dibayangkan. Dalam percobaan pertama itu, saya GAGAL !!!  Untungnya semangat gak berhenti sampai disitu, saya terus mencari-cari plugin yang benar-benar cocok dan powerfull. Akhirnya saya dapatkan Blogger Importer Extended.

[caption id="attachment_1029" align="aligncenter" width="591"]Screenshot_5 Blogger Importer Extended, powerfull !!![/caption]

 

Plugin ini benar-benar simple dan sangat powerfull. Cukup dengan satu   plugin Blogger Importer Extended dari developer Yuri Farina ini semua teratasi dengan sempurna. Artikel, pages, tags, komen, images, link bahkan format tulisan bisa di transfer dengan begitu mudahnya. Sangat memuaskan sekali.

[caption id="attachment_1032" align="aligncenter" width="599"]screenshot-4 sekali hap, semua teratasi[/caption]

Kapan-kapan akan saya rangkumkan langkah step by step nya, Insya Alloh. Last, cmiiw...

0 comments:

Post a Comment

Gimana bro ?