Wednesday 11 June 2014

[DIY] Tips Perawatan Mesin yang Sudah di Bore Up + Stroke Up

Satria fenomenal Den Bagus 30 DK in action (courtesy : wildan zuhdi)

Perawatan motor modifan dengan motor standar-an pastinya beda perlakuan. Berikut ada tip dari brader Wildan Zuhdi, owner Suzuki Satria FU 150 (upgrade ringan 200cc, cmiiw) Den Bagus paling terkenal se Indonesia. Monggo disimak.

1. OLI. Mesin yg sudah di bore up + stroke up membutuhkan oli dg kwalitas yg baik serta dg spek diatas oli mesin std. Pertimbanganya, power& torsi mesin sdh jauh diatas power& torsi mesin std. Den bagus slma ini pake oli motul ester 5100, baik buat turing maupun balap. Interval pergantian biasanya stiap 1500km.
Mgkin ada yg bertanya, boleh ga pake enduro 4t racing shrg 40rb, atau shel ax7, atau bm1 atau repsol..? oh tentu saja boleh, lah itu mesin anda sendiri kok, jadi ya terserah anda...
ni saran aja yah, kalo pngin pake oli yg hrgnya murah, maksimal 1000km aja, lbih cepet lbih baik. biarlah boros oli drpda boros mesin...

2. VOLUME OLI. Berhubung volume mesin sdh bertambah besar, maka volume oli pun sbaiknya ditambah, Den bagus biasa isi oli 1,1 Lt dr volume normal 1 Lt, ganti filter oli tambah jadi 1,2 lt. Kalo lagi turun mesin tambahin jadi 1,4 Lt. Jadi sediakan selalu oli buat nambah sendiri di rumah. kenapa bgitu...? volume mesin yg lbih besar membutuhkan cairan pelumas yg lbih bnyk pula. Mgkin nanti ada yg bertanya.."kalo olinya std bgmana mas bro...?"
Perlu saya sampaikan, kalo di mesin FU itu ada lobang indikasi oli dg tulisan LOWER-MIDLE- UPPER...
nah patokanya itu aja, janagn ampe dibawah lower. kalo ampe dibawah lower, maka gear pompa oli ga bisa menjangkau oli untuk di pompa ke atas head... apa yg akan terjadi selanjutnya...? siapkan uang 2 juta buat benerin kerusakan karena oli ga naek ke atas... skrg dah ngerti...? oke kita lanjut tips berikutnya, tarik mang...

3. CARA BAWA. Cara bawa motor bore up + stroke up mesti bijaksana. artinya, setiap tarikan gas adalah hentakan akselerasi biadab yg bisa segera membuat pen piston dan big end jadi aus...
Maka dari itu, bawanya harus DIURUT... jangan suka maen2 gas sembarangan. Jangan juga sering jumping/ standing krn akan cepat membuat aus bagian yg disebutkan tadi, blom lagi kopling cepet rusak... cara bawa motor yg diurut juga akan membuat umur rantai keteng lbih aweet ga cepet mulur...

4. TENSIONER MANUAL. Jika motor anda menerapkan tensioner manual, maka rajinlah dicek stelanya di bengkel. Karena pake tensioner manual itu ga ada per nya jadi kalo kendor suaranya berisik. Tapi keuntungan pake tensioner manual itu putaran mesin lbih stabil, ini sgt penting buat mesin bore up + stroke up...

5. CARA PENYIMPANAN MOTOR. Mesin motor yg sudah menggunakan part performa tinggi misalnya cam lift tinggi atau per klep jepang membutuhkan perhatian khusus ketika anda akan menyimpan dalam waktu lama, kalo anda tidak tahu cara menyimpan dg baik, jangan heran tar performa mesin cepet turun.
Kenapa begini kenapa begitu, tanyakan sama pak guru hehehe...
Mari seruput dlu kopinya biar gak panic...
Noken As dg lift tinggi, akan menekan per klep lbih keras dari noken as standar, akibatnya kalo per terlalu lama ditekan, maka per akan mengalami penyusutan bbrp mm.
NAH, OLEH KARENA ITU KALO ANDA MO MENYIMPAN MOTOR BALAP ANDA, POSISIKAN PISTON DALAM POSISI DI "TMA", dimana posisi per klep tidak sedang ditekan oleh cam. Kalo anda pengin tahu cara yg mudah untuk membuat posisi piston di TMA tanmpa bongkar baut intip magnet, silahkan kirim sajen kopi item+ maraiboros ke sy hehehe...

Demikian tips ini sy buat, mudah2an ada manfaatnya...
Kalo ada yg masih kurang, silahkan ditambah...sy mo nyeruput kopi lagi...

Salam gaspoll,
Satria Den Bagus

NOTE: Ada satu tips yg ketinggalan yg tak kalah penting, JAGA HUBUNGAN BAIK DG MEKANIK ANDA& SERING SERINGLAH KIRIM SAJEN BUAT MEKANIK ANDA, agar kalo mesin anda ada trouble/ kerusakan bs segera ditangani dg baik hehehe..
Last, cmiiw...

0 comments:

Post a Comment

Gimana bro ?