Friday 13 September 2013

Bobot Suzuki Satria FU150 itu 107 Kg !!!

 Max load 106 kg

Lalu kenapa dipasangi ban kecil (cacing) yang max load 106kg ? Bukankah itu berbahaya ?. Bandingkan dengan spek ban honda beat (sebagai contoh), dengan bobot 'hanya' 93 kg, ban standar yang dipake memiliki max load 170 kg. Sangat jauh jika dibandingkan dengan max load ban-ban kecil (cacing) yang sedang digandrungi anak-anak muda. 

Kode max load 106kg yang tertera pada ban artinya adalah bahwa ban tersebut memiliki batas maksimum beban (per ban) yang diperbolehkan untuk diangkut seberat 106kg pada keadaan dingin dan tidak sedang digunakan. Jika ban dalam keadaan terpakai, yang artinya kondisi ban menjadi panas dan lentur setelah bergesekan dengan aspal, maka batas max load ban pun tentunya akan berkurang. 

 Tren masa kini, velg + ban berstandar diganti yang abal-abal

Mari kita coba berhitung. Pada kasus ini, kedua ban tersebut hanya mampu membawa beban 2x106 kg dikurangi dengan beban motor sendiri, 212-107= 105kg. Jika bobot pengendara motor adalah 50kg plus boncenger 50kg maka toleransi batas aman yang tersisa hanya tinggal 5 kg. Hal ini sangat berbahaya ketika ada hentakan, misal karena polisi tidur atau lubang jalanan, maka bobot keseluruhan akan bertambah secara tiba-tiba dan signifikan (bisa lebih dari 5kg). Perlu diingat, batas max load tersebut adalah pada kondisi ban dingin dan diam. Jika dalam keadaan bergerak maka motor ber ban cacing dengan pengendara + boncenger boleh dibilang sudah tidak memiliki toleransi batas aman lagi. Ban akan mudah sliding, keadaan terburuknya adalah ban meletus saat high speed. Hanya begantung pada nasib baik saja. 

Bandingkan dengan honda beat ber ban standar, dengan pengendara + boncenger yang sama mereka masih memiliki toleransi 147kg. Sangat aman.IMHO.


4 comments:

  1. misi gan, saya mau nanya nih, saya kan beli velg jari2 merk rossi, disitu tertulis max load 350 kg, sedangkan beban motor+saya 190 kg, aman nggak ya max load segitu?? terutama pas ngerem mendadak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika memang benar max load-nya 350kg, maka dengan beban total 190kg saya kira masih aman, insya alloh. cmiiw.

      Delete
  2. Adminya juga kurang pengalaman....berat motor sudah di hitung perkiraan setiap motor mempunyai beban berapa kg...nah setelah itu yang tertulis di ban 106 kg itu ketika di naikin penunggangnya...bukan di hitung dengan motornya...lihat LPG..yang 3 KG...apa iya di timbang isi sama LPG nya 3Kg..kan engga...palah lebih...bobot isi 3KG...bebat tempat LPG juga lebih dari 3Kg...bukan tertera 3 kg trus semuanya udah 3kg

    ReplyDelete

Gimana bro ?