Tuesday 26 February 2013

Battle of Yamaha TTX vs Honda Zoomer

Battle of Yamaha TTX vs Honda Zoomer. Ada dua jagoan baru yang unik dari dua pabrikan Honda dan Yamaha. Honda akan menghadirkan Honda Zoomer sementara dari Yamaha sendiri akan diwaliki oleh Yamaha TTX. Untuk nama yang terakhir, Yamaha TTX, sudah mulai diuji di lapangan. Sedangkan untuk Honda Zoomer sendiri masih dalam tataran teka-teki, masih belum jelas apakah akan dimasukkan ke pasar local ataukah tidak.
 Spesies baru, Yamaha TTX vs Honda Zoomer

Melihat desain visual ‘standar’an, jelas Honda Zoomer lebih unggul dibandingkan dengan Yamaha TTX yang terkesan cungkring, IMHO. Olahan detail yang dipadu padankan secara kompak sukses membentuk sosok Honda Zoomer yang unik tetapi tidak aneh. Berbeda dengan tampilan Yamaha TTX, yang bagi sebagian orang, terlihat ‘gak dapet’. Sosok cungkring dengan konstruksi fork depan maupun belakang yang menjulang masih belum masuk ‘taste’ konsumen di Indonesia.

Tapi tunggu dulu, menurut sukanyaMOTOR, sepertinya dari pihak Yamaha sendiri memang tidak ingin menandingkan TTX secara head to head dengan Zoomer. Secara visual jelas terlihat mereka bukan satu spesies baru untuk ekosistem yang sama. Menurut sukanyaMOTOR, Yamaha TTX lebih diperuntukkan sebagai Matic Offroad, yang siap melibas medan-medan ekstrim. Dipersenjatai dengan kaki-kaki kecil nan tinggi menjulang serta dibalut frame body yang langsing menjadikan motor ini akan dengan mudah menaklukkan jalanan ekstrim penuh lubang khas Indonesia. Dari motor ini Nampak bahwa Yamaha ingin menyasar pasar garuk menggaruk tanah yang sedang booming akhir-akhir ini.

Berbeda halnya dengan Yamaha TTX, Honda Zoomer terkesan hanya untuk jalanan yang muyus-muyus. Lihat saja diameter rodanya, kecil dengan tapak lebar khas matic eropa. Terlihat sangat nyaman untuk dikendarai. Dari bentuknya yang stylish, sepertinya varian ini akan menyasar kalangan anak muda yang yang doyan freestyler-an.  

Jangan dibandingkan bentuknya, jelas beda. Ibarat membandingkan Kawasaki D-Tracker dengan Yamaha Byson, beda habitat. Satu hal lagi, sepertinya harga Honda zoomer juga kurang bersahabat jika melihat kualitas part dan detail finishingnya. So, mau pilih mana ?

Terimakasih untuk komennyaaaa...