Friday, 23 August 2013

STOP Beli Spare Part Asli (second) di Loakan !

Judulnya biar agak enak harusnya gini "jangan beli spare parts motor yang dirasa atau mungkin tahu kalo itu hasil curian, baik itu di loakan atau penjual-penjual lain atau bahkan dari pedagang online di FJB kaskus sekalipun !!". ah, tapi itu kepanjangan pakde... so, jangan semosi duyuu.

barang second asli dan kw. kok bisa segitu banyaknya ya ? (gambar hanya ilustrasi. cibarusah.com)

Ada beberapa sumber spare part aseli yang dijual di loakan.
1. Copotan motor yang dimodifikasi
2. Aseli copotan motor tidak terpakai (limbah)
3. Mutilasi korban pencuri sepeda motor
Dan sudah menjadi rahasia umum, bahwa kebanyakan spare part asli yang dijual di loakan adalah hasil mutilasi motor-motor curian !... Dalam hal ini bisa jadi si pedagang (loak) tahu tapi pura-pura tidak tahu atau memang benar-benar tidak tahu.

Lingkaran setan yang tercipta kira-kira seperti ini. 
Pencuri motor -> Penadah -> Tukang Loak -> Konsumen

Tingginya tingkat pencurian akhir-akhir ini (baca artikel Pencurian Merajalela, waspadalah !!!) pastinya karena ada 'permintaan' pasar yang tinggi juga, karena tidak mungkin seorang pencuri mengambil barang yang susah untuk diuangkan. Dalam artian pasar sangat cepat sekali menyerap barang-barang hasil curian yang dijual kembali tersebut. Selain harganya yang jauh lebih murah, barang original, tapi juga karena kondisi barang yang  sebagian besar 'like new' sekalipun barang 'second'. Masalah darimana asal barang tersebut rata-rata konsumen tidak mau ambil pusing.

Apalagi populasi sepeda motor terus meningkat dari tahun ke tahun, pastinya kebutuhan akan spare part pun juga akan meningkat. Sayangnya harga spare part aseli terbilang mahal. Kelemahan inilah yang secara sadar atau tidak telah dimanfaatkan dengan baik oleh para pencuri sepeda motor.

Di sini saya tidak menghimbau para brader semua untuk tidak membeli spare part di loakan-loakan, tidak sekali-kali tidak. Karena saya sadar hal itu akan membuat saya dibully, dihajar atau dicaci maki para pedagang loak. Tapi mbok yao, kalo merasa dan tahu kalo barang yang mo dibeli itu barang curian, janganlah dibeli. Karena secara tidak langsung hal itu telah menyuport para pencuri untuk mencuri dan terus mencuri. Lagian apa gak malu klo di motor tunggangan ada part hasil curian ? klo gak malu ya sudah, lakukan sesukamu. hehe... that's it !

6 comments:

  1. Memang mencurigakan tuh asal barangnya.
    Bisa-bisa jadi penadah kita, kalo beli di situ.

    ReplyDelete
  2. makasih bos infonya dan salam sukses

    ReplyDelete
  3. terimakasih gan tentang infonya dan semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  4. Trus kl nyari ori body vixion dmn y..kl dloakan takut...infonya sekitaran bekasi mas bro

    ReplyDelete

Gimana bro ?