Sunday 22 September 2013

Brough Superior SS80, Motor Tua Berharga Rp 4,6 Milyar

 Brough Superior SS80, motor balap zaman PD-2 seharga Rp 4,6 milyar (http://cybermotorcycle.com)

Ketika motor baru datang dan pergi, ketika para blogger berlomba-lomba memberitakan informasi tentang motor-motor baru... tak ada salahnya untuk 'stay' pada apa yang kita miliki. Yaa... itung-itung investasi. Kalaupun tidak layak dibilang investasi, geser dikit lahh ke area hobi, hehe... soalnya, nurutin mata itu gak bakal ada habisnya mas bro. Ujung-ujungnya tekor deh isi dompet. Mau ?

Gak semua motor layak dijadikan investasi memang, karena rata-rata atau bahkan umumnya motor memiliki penurunan nilai di setiap tahunnya. Apalagi kalau jumlahnya pasaran nilai jual pasti di bawah nilai beli. Sebuah motor akan memiliki nilai investasi bilamana ia sudah masuk kategori kolektor item. Bisa karena alasan sudah discontinu, jumlahnya yang sedikit, spesifikasi yang wow, atau memiliki nilai historis tersendiri.

Adalah SS80 Brough, motor bikinan George's Brough pada tahun 1922, yang berhasil dilelang oleh rumah lelang H&H senilai $ 465,000.- USD atau senilai lebih dari Rp 4,6 Milyar (seperti yang dilansir majalah cycle world). Jumlah yang wow untuk sebuah motor tentunya.

V-twin engine Brough Superior SS80 (http://vintagebikesonblack.blogspot.com)

SS80 (Super Sport) Brough adalah motor balap yang terkenal pada awal-awal abad ke-20. Di rilis dengan dua varian, "Spit & Polish" dan yang terakhir adalah "Old Bill". SS80 yang berkubikasi 988cc ini hanya mampu berlari dengan kecepatan 160kpj (masih bisa dikecengin sama si jambakan setan, hehe..). Meskipun demikian, SS80 Brough dimasanya mampu menjuarai 51 kali balapan dari 52 balapan, sangat dominan. Satu kegagalannya tersebut dikarenakan kegagalan engine pada saat high speed.

Motor fenomenal ini total diproduksi sebanyak 1086 unit dengan 460 diantaranya mengalami kegagalan mesin. Motor ini berhenti produksi karena berlangsungnya perang dunia ke-2.

0 comments:

Post a Comment

Gimana bro ?