Thursday 3 October 2013

Ketemu BMW R51/3, Motor PD-2 Bermesin Boxer

BMW R51/3, motor jadul bermesin boxer, berpenggerak gardan

Flashback dulu ke jaman perang dunia ke-2. Pasca perang dunia ke-2, pabrik motor BMW mengalami kerusakan yang luar biasa setelah di bom oleh tentara sekutu. Salah satu fasilitas BMW yang terletak di Eisenach, salah satu kota di Jerman, mengalami kerusakan yang cukup parah. Beruntung beberapa mesin dan peralatan masih tersimpan dengan aman. Setelah perang usai, kebanyakan insinyur Jerman pergi ke Amerika atau negara-negara pecahan Soviet untuk melanjutkan pekerjaannya sebagai insinyur mesin.


Woww...kayak mesin pesawat ? boxer memang identik dengan mesin pesawat terbang ^_^

Tidak lama setelah perang dunia ke-2 berakhir, tepatnya pada tahun 1946, BMW memperoleh ijin dari otoritas Amerika Serikat di Bavaria untuk kembali memproduksi sepeda motor. Sayangnya BMW harus memulai semuanya dari nol, dari garis pergaris. Tidak ada gambar, blueprints, ataupun skematik drawing, semuanya telah rusak di Eisenach. Para insinyur jerman tersebut mau tidak mau memakai motor-motor yang masih tersisa dari perang dunia ke-2 untuk kemudian dikopi menjadi motor baru.

Gardan terbuka, rawan rusak

Dua tahun berselang, tahun 1948, BMW berhasil meluncurkan R24 bermesin 250cc. R24 ini merupakan versi upgrade dari R23 yang ketika  itu belum bersuspensi belakang. Di tahun 1949 BMW berhasi memproduksi R24 sejumlah 9200 unit, dan meningkat pesat di tahun 1950 menjadi 17000 unit.

Lebih aman dengan engine 'cover'

Pada tahun 1951-1956 lah BMW R51/5 itu lahir dan diproduksi. Motor BMW berkubikasi 500-cc dengan power yang dihasilkan sebesar 24 hp. Terbilang kecil jika dibandingkan dengan power motor jaman sekarang dengan kubikasi yang sama. Apalagi jika melihat top speednya yang mentok di 140kpj, satria fu 200cc-an pun bisa mengasapinya, hehe... 

 Waktu mudanya (wikipedia.org)
 
 Masih ganteng (wikipedia.org)

 Nah, berikut ini spesifikasi BMW R51/3 :

Design     Boxer Flat Twin
Engine     Four-stroke OHV
Model Years     1951–1955
Bore     68 mm / 2.68 in
Stroke     68 mm / 2.68 in
Displacement     494 cc
Power     24 hp (18 kW) @ 5800 rpm
Compression Ratio     6.3:1
Top Speed     87 mph 140 km/h
Curb Weight     419 lb 190 kg
Gross Vehicle Weight     355 kg
Fuel Tank Capacity     17 L

last, cmiiw...

0 comments:

Post a Comment

Gimana bro ?