Wednesday 10 April 2013

Merk yang Dinilai akan Berhianat Itu Sepertinya Bakalan Lebih Setia


 BAJAJ berkhianat ?

Blak-blakan aja merk itu adalah BAJAJ, ngapain juga ditutup-tutupi wong sudah pada tahu juntrungannya kemana, ya tho ? sebelumnya sudah santer di bloghosphere berita tentang akan hengkangnya BAJAJ dari Indonesia, sedikit demi sedikit. Silahkan dibaca artikelnya kang iwan disini serta artikelnya mbah Dukun Satar disini, disini serta yang cukup menggelitik disini. Awalnya sukanyaMOTOR mengira agak ambigu dengan siapa yang akan hengkang merk BAJAJ-nya ataukah ATPM-nya yang bubar. Tapi akhirnya sukanyaMOTOR dapat menyimpulkan bahwa yang dimaksud disini (khususon) adalah BAJAJ, merk-nya.

Kawasaki, tandem BAJAJ disektor penjualan

Dalam artikel terpisah sukanyaMOTOR menganggap bahwa wacana tersebut terlalu premature. Mengingat BAJAJ adalah pabrikan roda dua terbesar ketiga didunia, mana mungkin akan melepaskan Indonesia yang notabene merupakan market roda dua ketiga terbesar di dunia setelah China dan India. Apalagi sebelumnya santer terdengar bahwa BAJAJ akan berkolaborasi dengan  Kawasaki untuk memasarkan produknya di Indonesia. Monggo dibaca lagi artikelnya disini.

Sebenarnya kolaborasi semacam ini bukan hal baru bagi kedua pabrikan. Di Philipina, dengan konsep co-branding, pabrikan Kawasaki dan BAJAJ mampu menguasai pasar dengan market share mencapai 45%. Jumlah yang cukup fantastis. Yusuke Shimada General Manager Marketing PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) mengatakan “Mulai tahun ini, motor yang dikeluarkan Bajaj untuk dijual (melalui Kawasaki) di Indonesia, sudah ada nama Kawasaki. Namanya Kawasaki Bajaj,"...
"Tapi ini tidak berlaku bagi tipe Bajaj yang keluar sebelumnya. Seperti Pulsar. Tetap diedarkan dengan nama Pulsar. Kami hanya menangani motor Bajaj yang akan launching tahun ini dan seterusnya,” lanjut Yusuke Shimada lagi. Cukup jelas bukan model kerjasama-nya ? Ya, secara garis besar Kawasaki akan fokus ke motor dengan kubikasi besar sementara untuk kubikasi kecil akan menjadi target BAJAJ. So, tidak akan terjadi caplok-caplokan, apalagi jagoan Kawasaki, Ninja 150 two stroke umurnya tinggal menghitung hari saja.

Dari pihak BAJAJ (melalui Rajiv Bajaj) sendiri juga sudah pernah memberikan release pemberitaan.. “Kami telah memutuskan untuk menjadi perusahaan global dan menjual sepeda motor di seluruh dunia…” jadi semestinya dari komentar yang muncul akhir tahun lalu tersebut kita bisa membaca bahwa justru BAJAJ kedepan akan semakin serius memaintain market di Indonesia, meskipun tanpa melalui BAI.
Pulsar 200NS, akan ada logo Kawasakinya ?

Sinyalemen semakin kuat setelah minggu dari blognya kang Taufik terendus kabar munculnya TPT yang disinyalir sebagai produk BAJAJ Pulsar 200NS.


Categories: ,